Selasa, 21 Januari 2020

Karakteristik, Klasifikasi, dan Manfaat Jambu Bol Putih (Syzygium malaccense)

Jambu Bol Putih (Syzygium malaccense)

Gambar 1. Pohon Jambu Bol Putih
Gambar 2. Batang Jambu Bol Putih
Gambar 3. Daun Jambu Bol Putih
Gambar 4. Buah Jambu Bol Muda yang Gugur

A.   Deskripsi
Jambu bol putih Akar tanaman jambu bol putih (Syzygium malaccense) adalah salah satu tanaman buah yang berada di SMP Negeri 1 Baturraden. Pohon ini ditemukan sebanyak 5 individu. Ciri-ciri morfologi pohon ini yaitu memiliki sistem perakaran tunggang. Batang tanaman jambu bol putih memiliki ukuran sedang, dengan ketinggian ±12 m, dengan tumbuh lurus dan bercabang rendah dan bertajuk rimbun padat hingga membentuk seperti kerucut. Batang berbentuk bulat, berwarna cokelat muda, tersebut bertekstur kasar dan berdiameter ± 20 cm. Daun tanaman jambu bol adalah daun tunggal yang terletak saling berhadapan, dengan memiliki tangkai pendek berkisar 1-1,5 cm, berbentuk lonjong, ujung daun meruncing, tepi daun rata, oangkal daun tumpul, berukuran besar dan menjorong serta memiliki permukaan berwarna hijau, dengan memiliki pertulangan daun menyirip. Bunga tanaman jambu bol tumbuh dan terletak dibagian ranting yang tidak memiliki tumbuh daun, memiliki tangkai pendek dan bergerombol serta berisi 1-12 kuntum. Bunga jambu bol berwarna merah muda keunguan. Bunga jambo bol juga memiliki tabung kelopak dengan panjang 1,5-2 cm, dengan mahkota berwarna merah yang berbentuk lonjong/ bundar, sedangkan benang sari dalam setiap bunga sangat banyak, masing-masing memiliki panjang 3,5 cm serta panjang tangkai putik memiliki panjang berkisar 3-4,5 cm. Buah jambu bol putih berbentuk bulat sampai menjorong, memiliki garis tengah dengan panjang 5-8 cm, berwarna hijau ketika masih muda dan putih kemerah mudaan ketika sudah tua/matang. Buah jambu bol berdaging padat dengan ketebalan 0,5-2,5 cm berwarna putih, serta memiliki rasa asam manis sampai manis dan memiliki wangi khas. Buah jambu bol terdapat biji sebutir yang berewarna kecoklatan berukuran besar dan memiliki diameter 2,5-3,5 cm dengan tekstur keras.

B.  Klasifikasi
Berikut ini merupakan klasifikasi pohon jambu bol putih:
Regnum      : Plantae
Divisio        : Magnoliophyta
Kelas          : Magnoliopsida
Ordo           : Myrtales
Familia        : Myrtaceae
Genus         : Syzygium
Spesies        : Syzygium malaccense

C.  Manfaat

Jambu bol (Syzygium malaccense ) termasuk famili Myrtaceae yang berasal dari Asia Tenggara yang keberadaannya terbatas di Jawa, Sumatra dan Semenanjung Malaysia. Beberapa bagian dari tanaman kelompok Syzygium ini digunakan dalam obat-obatan tradisional karena memiliki aktivitas antiobitik. Khususnya kulit batang, daun dan akar jambu bol sering digunakan untuk menyembuhkan penyakit (Fitriana, 2019).


Daftar Referensi

Fitriana, N., 2019. Implementasi Desain ‘Name Board desa Wisata Jambu Gondangmanis Kabupaten Jombang. Jurnal Abdimas PHB: Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming2(1), pp. 44-52.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar