Selasa, 21 Januari 2020

Karakteristik, Klasifikasi dan Manfaat Mengkudu (Morinda citrifolia)

Mengkudu (Morinda citrifolia)

Gambar 1. Pohon Mengkudu
Gambar 2. Batang Mengkudu



A.  Deskripsi
Pohon mengkudu tidak begitu besar, tingginya antara 4-6 m, batang bengkok-bengkok, berdahan kaku, kasar, dan memiliki akar tunggang yang tertancap dalam. batang tanaman keras dan berkayu yang tumbuh ke atas serta mempunyai banyak percabangan. Cabang-cabang tumbuh mendatar dengan arah keluar kanopi tanaman. Kulit batang cokelat keabu-abuan atau cokelat kekuning-kuniangan, berbelah dangkal, tidak berbulu, anak cabangnya bersegi empat. Tajuknya selalu hijau sepanjang tahun. Daunnya merupakan daun tunggal bertangkai, bentuknya jorong-lanset, tepi daun rata, ujung daun lancip pendek, pangkal daun berbentuk pasak, urat daun menyirip, permukaan daun berwarna hijau mengkilap, tidak berbulu,daging daun herbaseus; tangkai daun pendek, berukuran 0,5-2,5 cm; memiliki daun penumpu bervariasi, berbentuk segi tiga lebar; daun mengkudu terletak berhadap-hadapan; ukuran daun besar-besar, tebal, dan tunggal. Perbungaan mengkudu bertipe bonggol bulat, bergagang 1-4 cm. Bunga tumbuh di ketiak daun penumpu yang berhadapan dengan daun yang tumbuh normal. Bunganya berkelamin dua. Mahkota bunga putih, berbentuk corong, panjangnya bisa mencapai 1,5 cm. Benang sari tertancap di mulut mahkota. Kepala putik berputing dua. Bunga itu mekar dari kelopak berbentuk seperti tandan. Bunganya putih dan harum. Bentuk dan ukuran buah mengkudu sangat beranekaragam, ada yang berukuran besar dengan berbentuk lonjong, memanjang dan membulat atau juga ada yang berukuran lebih kecil dengan berbentuk lonjong atau membulat; permukaan buah kasar, terdapat bulatan-bulatan seperti lubang kecil, dan baerjumlah banyak; buah berwarna hijau ketika muda dan berwarna putih kehijauan atau putih kekuningan ketika masak, buahnya beraroma langu ketika muda dan berbau busuk ketika sudah tua; di dalam buah terdapat biji lonjong berwarna cokelat yang sangat banyak, tersusun melingkar didalam buah.

B.  Klasifikasi
             Berikut ini merupakan klasifikasi pohon mengkudu:
Regnum           : Plantae
Divisio             : Magnoliophyta
Kelas               : Magnoliopsida
Ordo                : Rubiales
Familia            : Rubiaceae
Genus              : Morinda
Spesies            : Morinda citrifolia

C.  Manfaat
           Buah mengkudu mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya adalah untuk obat batuk, radang amandel, sariawan, tekanan darah tinggi, beri-beri, melancarkan kencing, radang ginjal, radang empedu, radang usus, sembelit, limpa, lever, kencing manis, cacingan, cacar air, sakit pinggang, sakit perut, masuk angin, dan kegemukan. Selain itu, telah diteliti bahwa mengkudu juga dapat digunakan untuk obat tumor dan kanker (Rahardjo et al., 2016).


                

Daftar Referensi

Rahardjo, M., Djauhariya, E., Darwati, I., & Rosita, S. M. D., 2016. Pengaruh Umur Batang Bawah Terhadap Pertumbuhan Benih Mengkudu Tanpa Biji Hasil Grafting. Buletin Penelitian Tanaman Rempah dan Obat24(1), pp. 14-18.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar