Kamis, 16 Januari 2020

Karakteristik, Klasifikasi, dan Manfaat Pohon Cemara Cina (Juniperus chinensis)

Cemara Cina (Juniperus chinensis)




Gambar 1. Pohon Cemara

Gambar 2. Batang Cemara

Gambar 3. Daun  Cemara

Cemara cina atau yang juga disebut dengan cemara gembel merupakan salah satu jenis pohon yang ditemukan di halaman depan SMP Negeri 1 Baturraden. Pohon ini ditemukan sebanyak 6 individu yang teretak di halaman depan sekolah. Karakter pohon ini yaitu memiliki tinggi ± 5-7 m; arsitektur pohon attim; dan memiliki bentuk tajuk piramid. Batang berbentuk bulat; berwarna cokelat kehitaman; kulit batang kasar, memperlihatkan kerak yang mengelupas; arah tumbuh condong ke atas; tipe percabangan batang monopodial; dan memiliki diameter batang ± 9-20 cm. Daun cemara tereduksi menjadi seperti sisik-sisik kecil tersusun silinder memanjang seperti jarum; ujung daun meruncing; dan berwarna hijau tua. 
Menurut Ulfa, (2019), tinggi cemara pua-pua dapat mencapai 20 m. Pertumbuhannya cepat, hanya memerlukan waktu 15 tahun untuk mencapai tinggi dewasa. Cemara ini memiliki ranting yang beruas dan pada dahan besar terlihat seperti jarum. Daunnya berbentuk seperti jarum, berwarna hijau, dan tersusun padat. Cemara ini memiliki bunga jantan dan bunga betina yang tampak seperti berkas rambut, kecil, serta berwarna kemerah-merahan. Buahnya menyerupai rujang kecil.
Manfaat pohon cemara diantaranya yaitu digunakan sebagai tanaman hias, pohon natal, dan dapat digunakan sebagai obat. Minyak hasil olahan dari tanaman cemara juga dikenal sangat ampuh untuk mengatasi keluhan bagi seseorang yang mersakan sakit pada paru-paru, seperti batuk, sinus, sampai dengan bronchitis. Selain itu, akar tanaman cemara juga telah turun temurun dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengobati anak yang terserang cacingan.
Berikut ini merupakan klasifikasi pohon cemara:
Regnum           : Plantae
Divisi               : Pinophyta
Kelas               : Pinopsida
Ordo                : Pinales
Familia            : Cupressaceae
Genus              : Juniperus
Species            : Juniperus chinensis L.

Daftar Referensi

Ulfa, S. W., 2019. Inventarisasi Keanekaragaman Tumbuhan Tingkat Tinggi di Kecamatan Medan Amplas Kota Medan Provinsi Sumatera Utara. Biology Education, Science, & Tecnology, 2(1), pp. 15-20.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar