Kamis, 16 Januari 2020

Karakteristik, Klasifikasi, dan Manfaat Pohon Biola Cantik (Ficus lyrata)

Biola cantik (Ficus lyrata)

Gambar 1. Pohon Biola Cantik

Batang Biola Cantik
Gambar 2. Batang Biola Cantik

Gambar 3. Daun Biola Cantik

A. Deskripsi

            Biola cantik (Ficus lyrata) atau yang sering disebut dengan ketapang badak adalah tanaman peneduh yang biasa ditanam di taman, pinggir jalan,  atau di halaman rumah. Di SMP Negeri 1 Baturraden, pohon biola cantik hanya ditemukan 1 individu yang terletak di halaman depan sekolah pada titik koordinat 7° 21’ 52,6” LS 109° 14’ 3,6”  (257 mdpl). Ciri-ciri pohon ini yaitu memiliki tinggi pohon ± 6 m; model arsitektur pohon schoutes; dan memiliki bentuk tajuk rounded. Batangnya berbentuk bulat (teres); berwarna cokelat tua; kulit batang mengelupas; arah tumbuh erectus; tipe percabangan dichotom; dan memiliki diameter batang ± 10 cm. Memiliki daun tunggal tidak lengkap (bertangkai); berbentuk seperti biola; ujung daun berbelah; pangkal daun perfoliatus; tepi daun rata (integer), bergelombang; tulang daun menyirip; permukaan daun halus mengkilap (nitidus); berwarna hijau tua, permukaan bawah berwarna hijau muda dan kasar; daging daun tebal, kaku (coriaceus); ukuran daun besar, memiliki lebar daun ± 15-25 cm, serta panjang daun ±17-30 cm. Tipe duduk daunnya adalah tersebar (folia sparsa). Karakter lain yang tampak pada pohon ini yaitu adanya daun pelindung pada batang yang masih muda. 
           Menurut Meirani (2016), Ficus lyrata  merupakan tanaman berumah dua  dengan tipe pembungaan racemosa berbentuk bongkol atau reseptakel yang berbentuk piala. Bunga uniseksual dengan jumlah calix 4 sepal, lepas atau bersatu, kadang-kadang tidak ada; jumlah stamen pada bunga jantan sama dengan jumlah sepal; bunga betina dengan ginaesium terdiri dari ovarium yang superus atau inferus, 2 carpel, 1-2 ruang, 1 ovule di setiap ruang, dan stilus 2 atau bercabang. Buah drupa tersusun majemuk dalam reseptakel yang berdaging membentuk piala dan disebut stikonium. Bijinya dengan atau tanpa endosperm dengan embrio yang melengkung.

B. Klasifikasi

           Berikut ini merupakan klasifikasi dari biola cantik (F. lyrata) :
Regnum         : Plantae
Divisi              : Magnoliophyta
Kelas               : Magnoliopsida
Ordo                : Urticales
Familia            : Moraceae
Genus              : Ficus
Spesies            : Ficus lyrata Warb.

C. Manfaat

          Manfaat pohon biola cantik (F. lyrata) selain sebagai tanaman peneduh yaitu dapat digunakan untuk bahan antimikroba, antioksidan, antikanker, anti peradangan, dan antibakteri karena pada bagian akar, kulit batang, daun, serta buahnya mengandung senyawa-senyawa aktif. Senyawa aktif tersebut yaitu flavonoid, alkaloid, saponin, kumarin, tanin,  senyawa fenolik, dan senyawa terpen (Wira et al., 2019).



            
Daftar Referensi


Meirani, A., 2016. Nilai APTI (Air Pollution Tolerance Index) pada Tanaman Biola Cantik (Ficus lyrata) dan Trembesi (Samanea saman) yang Terdapat di Tepi Jalan Soekarno-Hatta Kota Bandung. Skripsi, Universitas Pasundan.
Wira, D. W., Bangun, D. E. M., Putri, S. H.  Mardawati, E., 2019. Pengaruh Ekstrak Etanol Daun Ketapang Badak (Ficus lyrata Warb) Terhadap Aktivitas Antibakteri dan Karakteristik Hand Sanitixer yang Dihasilkan. Jurnal Industri Pertanian, 1(2), pp. 38-45.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar