Senin, 20 Januari 2020

Karakteristik, Klasifikasi, dan Manfaat Pohon Soka Putih (Ixora finlaysoniana)


Soka  Putih (Ixora finlaysoniana)


Gambar 1. Pohon Soka Putih 
Gambar 2. Batang Soka Putih
Gambar 3. Bunga Soka Putih

A.   
Deskripsi
            Pohon soka putih adalah tanaman asli dari Cina, India, Thailand, dan Filipina. Namun, kini telah banyak dibudidayakan di seluruh daerah tropis salah atunya yaitu Indonesia. Di SMP Negeri 1 Baturraden, pohon ini ditemukan sebanyak 1 individu. Ciri-ciri yang dimiliki pohon ini antara lain yaitu tingginya ± 5 dan memiliki bentuk tajuk round. Sistem perakaran soka yaitu akar tunggang. Batangnya berkayu; tumbuh tegak; berbentuk bulat; berwarna cokelat muda kehitaman; kulit batang kasar dan retak-retak; tipe percabangan simpodial; serta memiliki diameter batang ± 15 cm. Daun berbntuk elips, oblanceolate, dan oblong-lanceolata;ujung daun membundar; tepi daun rata; pangkal daun tumpul; tulang daun menyirip; berwarna hijau tua; permukaan daun halus mengkilap; intervenium tipis dan lunak; tangkai daun pendek; ukuran daun sedang; panjang daun ±5-14 cm; lebar daun 2-4 cm; dan memiliki tipe duduk daun berhadapan/berseling (folia opposita). Bunganya merupakan bunga majemuk; berbentuk malai rata, cymosa; dan terletak di ujung (flos terminalis). Ibu tangkai bunga panjang ± 4,5 cm dengan panjang cabang-cabang tangkai ± 2 cm. Mahkota (corolla) berbentuk elips pada bagian atas dengan jumlah 4 dan menyatu berbentuk tabung pada bagian bawah; berwarna putih; terdapat 4-5 benang sari pendek dan putik dengan ovarium inverior di tenggorokan corolla bentuk tabung. Buah soka putih berbentuk bulat; berwarna hijau ketika muda, ungu ketika tua; daging buah tipis; diameter buah ± 1-1,3 cm. Biji Soka terletak di dalam buah soka dan berjumlah 2.

B.     Kasifikasi
            Berikut ini merupakan Klasifikasi pohon soka putih:
Regnum          : Plantae
Divisio            : Magnoliophyta
Kelas               : Magnoliopsida
Ordo                : Gentianales
Familia            : Rubiaceae
Genus              : Ixora
Spesies            : Ixora finlaysoniana

C.    Manfaat
            Pohon soka putih merupakan jenis tanaman hias, sehingga banyak ditanam untuk tujuan estetik atau keindahan. Namun di sisi lain, bunga  Ixora finlaysoniana diketahui mengandung senyawa fitokimia yang penting seperti lupeol, asam usolik, asam oleanolik, sitosterol, rutin, lecocyanadin, antocyanin, proanthocyanidin, glikosida, dan quercetin yang dapat digunakan sebagai obat penyakit kronis khususnya yang disebabkan oleh radikal bebas. Ekstrak bunga soka ini menunjukan aktivitas antioksidan yang hebat sehingga cocok dimanfaatkan sebagai antioksidan alami atau nutraceutical untuk mengurangi stress oksidatif  jika diaplikasikan dengan baik (Dontha et al., 2016)


Daftar Referensi
Dontha, S., Kamurthy, H. & Manthripragada, B. R., 2016. Phytochemical Screening and Evaluation of in-vitro Antioxidant Activity of Extracts of Ixora javanica D. C Flowers. American Chemical Science Journal, 10(1), pp. 1-9.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar