Kamis, 16 Januari 2020

Karakteristik, Klasifikasi, dan Manfaat Pohon Cempaka Putih (Michelia alba)

Cempaka Putih (Michelia alba)


Gambar 1. Pohon Cempaka Putih
Gambar 2. Batang Cempaka Putih

Gambar 3. Daun Cempaka Putih
A. Deskripsi
Pohon cempaka putih (Michelia alba) atau yang sering dikenal dengan sebutan “kantil”, merupakan tanaman berkayu yang dapat tumbuh mencapai 30 m. Pohon Cempaka putih yang ditemukan di SMP Negeri 1 Baturraden memiliki ciri-ciri yaitu  tingginya ± 6-8 m; arsitektur pohon model champagnat; dan memiliki tajuk berbentuk weeping. Batang cempaka putih berbentuk bulat; berwarna abu-abu kecoklatan; kulit batang berlentisel horizontal; tumbuh tegak (erectus); dan memiliki diameter batang ± 11-15 cm. Daun tunggal bertangkai; berbentuk melonjong panjang; ujung daun meruncing; tepi daun rata; pangkal daun tumpul; tulang daun menyirip; permukaan daun berbulu halus jarang ketika muda; daging daun tipis lunak; duduk daun berseling; ukuran daun sedang, lebar daun ± 5-9 cm, dan panjang daun ± 10-25 cm.
Menurut Fitri (2018), Cempaka putih merupakan bunga yang memiliki ciri khas tersendiri dilihat dari segi bentuk, warna, dan aromanya. Bunga ini memiliki mahkota (petal) dan kelopak (sepal) yang tidak bisa dibedakan sehingga disebut dengan tenda bunga (tepal). Tenda bunga yang terdapat pada cempaka putih biasanya berbentuk memanjang dengan ujung yang meruncing, berwarna putih gading, bertekstur halus dan tipis. Bunga ini memiliki benang sari yang pendek dan terdapat putik berbentuk seperti tanda koma berwarna hijau meda dengan ujung berwarna kuning. Ketika masih muda, bunga berbentuk kerucut dilapisi selubung berwarna hijau. Selubung tersebut perlahan-lahan akan mengelupas dan memperlihatkan kuncup bunga cempaka berwarna putih gading hingga mekar sempurna. Aroma bunga cempaka putih sangat harum, dengan wangi yang segar dan manis. Bunga umumnya terletak pada bagian ujung batang yang masih muda.
B. Klasifikasi
Berikut ini merupakan klasifikasi cempaka putih:
Regnum          : Plantae
Divisi              : Magnoliophyta
Kelas               : Magnoliopsida
Ordo                : Magnoliales
Familia            : Magnoliaceae
Genus              : Michelia
Spesies            : Michelia alba
C. Manfaat
Manfaat dari cempaka putih diantaranya adalah untuk bahan ritual tradisional, parfum, dan aromaterapi. Selain itu bunga cempaka putih juga bermanfaat secara medis karena mengandung senyawa alkaloid mikelarbina dan liriodenia yang berkhasiat sebagai obat pelancar dahak (ekspektoran), pelancar air seni (obat diuretik), gangguan vertigo, perut kembung, sinusitis, keputihan, saluran pernafasan, radang, demam, dan batuk (Puspita & Poerbantanoe, 2019). 


Daftar Refererensi
Fitri, A., 2018. Bunga Cempaka Putih dalam Penciptaan Keramik Dekoratif Fungsional. Skripsi, Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Puspita, A. & Poerbantanoe, B., 2019. Galeri Bunga Cempaka di Kota Semarang. Jurnal eDimensi Arsitektur, 7(2), pp.529-536.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar