Minggu, 19 Januari 2020

Karakteristik, Klasifikasi, dan Manfaat Pohon Mangga (Mangifera indica)

Pohon Mangga (Mangifera indica L.)


Gambar 1. Pohon Mangga
Gambar 2. Daun Mangga
Gambar 3. Batang Mangga
A. Deskripsi
        Mangga (Mangifera indica) adalah jenis pohon yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat, karena dapat menghasilkan buah edible yang enak dan segar. Di SMP Negeri 1 Baturraden, pohon mangga ditemukan sebanyak 15 individu. Karakteristik pohon mangga yaitu memiliki tinggi ± 6-10 m; arsitektur pohon model Scarrone; dan memiliki tajuk bentuk round. Sistem perakaran pohon mangga adalah akar tunggang. Batang berbentuk bulat (teres); berwarna cokelat keabu-abuan; kulit batang tebal dan kasar; tipe percabangan batang monopodial; cabang ortotropic, simpodial; serta memiliki diameter ± 20-33 cm. Daun mangga merupakan daun tunggal bertangkai; berbentuk melonjong sampai melanset; ujung daun meruncing; tepi daun rata dan sedikit bergelombang; pangkal daun lancip; tulang daun menyirip; permukaan daun mengkilap; berwarna hijau tua; berukuran sedang, panjang daun ± 20-25 cm, lebar daun ± 4-5 cm; dan memiliki duduk daun tersebar (folia sparsa). Bunga mangga merupakan bunga majemuk; berbentuk malai; terletak di ujung ranting (flos terminalis); tersusun dalam karangan; berkelamin campuran ada yang jantan dan haermafrodit; tangkai berwarna kuning kehijauan; bunga berukuran kecil ± 6-8 mm; jumlah sepal dan petal biasanya sama yaitu 5; benang sari berjumlah 5, namun yang fertil hanya 1 atau 2, benang sari steril memiliki ukuran yang lebih pendek dibandingkan dengan putik; putik berwarna kemerah-merahan sampai ungu. Buah mangga termasuk tipe buah batu (drupa) yang berdaging; berbentuk bulat, bulat telur, lonjong, atau memanjang; berwarna hijau ketika muda; dan berwarna kuning, jingga, atau merah ketika matang. Biji mangga berbentuk lonjong gepeng memanjang; berwarna putih; tertutup endocarp yang tebal; dan permukaannya berserat.


B. Klasifikasi
                   Berikut ini merupakan klasifikasi pohon mangga (M. indica):
Regnum           : Plantae
Divisi               : Magnoliophyta
Kelas               : Magnoliopsida
Ordo                : Sapindales
Familia             : Anacardiaceae
Genus              : Mangifera
Spesies             Mangifera indica L.

C. Manfaat
    Pohon mangga (Mangifera indica L.) diketahui dapat dijadikan sebagai obat tradisional. Kulit kayunya telah diteliti mengandung senyawa antiinflamasi, imunomodulator dan antioksidan. Biji dan ekstrak kulit buahnya diketahui mengandung flavonoid dan tanin yang berfungsi sebagai anthelmintic. Daunnya dapat menjadi obat alami untuk beberapa penyakit yaitu sebagai antioksidan, analgesik, antidiabetes, anti inflamasi, antitumor, antimikroba, dan peningkat stamina atau daya tahan karena mengandung senyawa mangiferin. Selain itu, daun mangga secara tradisional juga telah digunakan untuk mengobati berbagai penyakit seperti leukorea, disentri, bronkitis, gangguan tenggorokan, ophtalmia, asma, laksatif, diuretik dan afrodisiak (Utami, 2019).




Daftar Referensi 
Utami, I. D., 2019. Uji Aktivitas Antioksidan Ekstrak Etanolik Daun Mangga (Mangifera indica L.) Varietas Arumanis Terhadap Radikal DPPH (1, 1 dyphenyl-2-pikrilhidrazil). Doctoral dissertation, Universitas Setia Budi Surakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar