Sabtu, 18 Januari 2020

Karakteristik, Klasifikasi, dan Manfaat Palem Botol (Hyophorbe legnicaulis)

Palem Botol (Hyophorbe lagenicaulis)

Gambar 1. Pohon Palem Botol
Gambar 2. Batang Palem Botol
Gambar 3. Bunga Palem Botol

A. Deskripsi


          Palem botol (Hyophorbe legnicaulis) merupakan salah satu pohon monokotil yang ditemukan di halaman depan SMP Negeri 1 Baturraden. Pohon ini hanya ditemukan 1 individu yaitu di halaman depan sekolah. Karakter yang dimiliki pohon ini yaitu tingginya ± 4-5 m; arsitektur pohon model corner; dan memiliki bentuk tajuk bintang. Sistem perakaran pohon ini yaitu akar serabut. Batangnya monopodial; tidak bercabang; berbentuk seperti botol; batang berukuran lebih besar pada bagian tengah, meramping pada bagian atas dan bawah; warna batang coklat kehitaman; kulit batang kasar, menunjukan bekas-bekas daun; dan memiliki diameter ± 30 cm. Daun pohon palem termasuk daun lengkap karena terdiri dari upih, ibu tangkai daun, dan anak daun; tipe daun majemuk menyirip; anak daun tipis memanjang seperti pita; berwarna hijau; permukaan daun mengkilap; tulang anak daun sejajar; tangkai daun dan tulang anak daun menonjol berwarna kuning; panjang daun ± 2-3 m; lebar daun ±70-80 cm. Bunga palm botol berwarna putih, peduncullus muncul dibawah poros upih; bakal bunga dilindungi sphata; mahkota bunga kecil berjumlah 4-6; tersusun menyirip dalam tangkai bunga (pedicellus); bersifat monoecious yaitu bunga jantan dan betina berada dalam pembungaan yang sama. Buahnya berbentuk oval; berwarna hijau ketika muda, dan berwarna hitam ketika tua.

B. Klasifikasi


Berikut ini merupakan klasifikasi pohon palem botol (H. legnicaulis):
Regnum           : Plantae
Divisi               : Magnoliophyta
Kelas               : Liliopsida
Ordo                : Arecales
Familia             : Arecaceae
Genus              : Hyophorbe
Spesies             : Hyophorbe legnicaulis

C. Manfaat
Palem botol banyak dimanfaatkan sebagai tanaman hias dan tanaman pengisi ruang terbuka. Disamping itu, pohon palem botol juga dapat dimanfaatkan sebagai antioksidan, penghambat α-glukosidase, dan obat diabetes militus. Menurut William et al. (2019),  ekstrak daun palm botol  mengandung senyawa fenolik dan flavonoid yang tinggi sehingga baik digunakan sebagai antioksidan. Selain kedua senyawa tersebut, senyawa lain yang terkandung dalam ekstrak daun palem botol yaitu kaempferol dan rutin. Senyawa ini berperan dalam penghambatan α-glukosidase untuk mengendalikan homeostasis glukosa, sehingga efektif untuk  obat dibetes dan obesitas.


Daftar Referensi
William, J., John, P., Mumtaz, M. W., Ch., A. R., Adnan, A., Mukhtar, H. & Akhtar, M. T., 2019. Antioxidant Sctivity, α-Glucosidase Inhibition and Phytochemical Profiling of  Hyophorbe legnicaulis Leaf Extracts. PeerJ, 7.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar